Musica

Penguat



0 komentar

    A.      Judul                     : Penguat
    B.      Kelompok             : 3
Anggota Kelompok      Irzal Sofyan(111402010)
    C.     Hasil Diskusi

Penguat adalah hubungan antara stimulus dengan respon dan hubungan tersebut diikuti peristiwa yang diharapkan maka terjadi peningkatan terhadap hubungan yang terjadi. Terdapat dua penguat yaitu penguat positif dan penguat negatif. Penguat positif adalah stimulus yang ditambahkan ke lingkungan yang menyebabkan peningkatan dalam respon yang telah terjadi. Penguat negatif adalah stimulus tidak menyenangkan yang penghilangan terhadap stimulus tersebut mendorong peningkatan kemungkinan bahwa respon terdahulu akan terulang lagi.

Adapun tokoh-tokoh yang mengemukakan teori penguat tersebut, yaitu :
Edward L. Thorndike
§  B. F. Skinner
§  Robert M. Gagne
§  Piaget
§  Bruner
§  Ausabel
Teori yang dibahas dalam diskusi ini adalah teori yang di kemukakan Edward L. Thorndike. Edward Lee Thorndike adalah seorang psikolog amerika yang lahir pada 31 Agustus 1874 di Williamsburg, Massachusetts. Dia menghabiskan karirnya di Teachers College, Columbia University. Thorndike lulus dari The Roxbury Sekolah Latin pada 1891 di West Roxbury Massachusetts, Wesleyan University (BS 1895), Harvard University (MA 1897), dan Columbia University (PhD. 1898).
Teori Edward L. Thorndike yang kami diskusikan adalah Hukum akibat. Selain itu ada 2 Hukum yang lain yaitu Kesiapan dan Latihan.
Hukum akibat. Hukum ini menunjukkan bahwa jika suatu hubungan dapat dimodifikasi seperti hubungan antara stimulus dengan respon dan hubungan tersebut diikuti oleh peristiwa yang diharapkan maka kekuatan hubungan yang terjadi semakin meningkat. Sebaliknya jika kondisi peristiwa yang tidak sesuai mengikuti hubungan tersebut, kekuatan hubungan yang terjadi makin berkurang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa seseorang akan melakukan pekerjaan jika hasil pekerjaan itu akan memberikan rasa menyenangkan/ memuaskan,. Sebaliknya jika tidak membawa dampak menyenangkan, maka tidak melaksakan pekerjaan tersebut.

Contoh pada mahasiswa TI

§  Kontrak kuliah salah satu dosen yang mengharuskan mahasiswa USU jurusan TI semester 4  masuk dan mengumpul tugas sebelum pukul 07.30 WIB, jika melewati batas waktu tersebut tidak dapat masuk kelas lagi dan tugas tidak diterima. Dari contoh tersebut jika kita terlambat maka kita akan mendapatkan hal yang tidak menyenangkan dan dari situ kita tidak akan mengulangi lagi dan akan datang lebih awal. Hal tersebut menunjukkan salah satu penguat negative yang memberikan dampak positif dimana kita melakukan peningkatan tingkah laku dengan bangun lebih awal dan datang lebih awal agar tidak mengulangi kesalahan yang sama.
§  Pengerjaan tugas yang sering dilakukan saat mendekati deadline. Misalnya ada tugas yang dikirim via email dan baru dikerjakan pada saat deadline dan ketika itu terjadi beberapa masalah misalnya laptop bermasalah, modem atau jaringan internet yang sedang tidak baik sehingga membuat kita tidak dapat mengerjakan tugas dan tidak mengumpulkan tugas tersebut. Dan akhirnya tidak mendapat nilai. Dengan hal tersebut pasti kita akan merubah sikap kita dengan mengerjakan tugas berikutnya sebelum deadline untuk menghindari masalh yang pernah terjadi dulu.

    D.     Sumber Referensi :
Buku Pengantar Psikologi

    E.      Testimoni Secara Keseluruhan
Berdasarkan diskusi yang telah kami lakukan, penguat adalah suatu stimulus yang memungkinkan kita meningkatkan sikap setelah mengalami suatu hal dari kejadian yang telah lalu baik itu yang menyenangkan ataupun yang tidak menyenangkan. Sesuai dengan teori yang dikemukakan oleh Edward L. Thorndike yaitu hukum akibat. Hukum akibat tersebut menunjukkan respon dari tindakan yang pernah kita lakukan. Ketika kita melakukan suatu hal kemudian kita tidak mendapatkan hasil yang maksimal, tentunya untuk kedepannya kita tidak akan mengulangi kesalahan kita. Kita mengubah prilaku yang memungkinkan terjadi peningkatan dari hal yang kita lakukan sebelumnya.

          

0 komentar:

Poskan Komentar

newer post older post